Strategi Peningkatan Pelayanan Air Minum Di Kelurahan Buntusu Kota Makassar

Penulis

  • Dandi Risno dandirisno
  • Fuad Azis perencanaan wilayah dan kota
  • Rimba Arief perencanaan wilayah dan kota

DOI:

https://doi.org/10.35965/jups.v3i1.321

Kata Kunci:

peningkatan pelayanan, air minum, kelurahan buntusu

Abstrak

Abstract. The purpose of this study was to determine community satisfaction with water services in Buntusu Village, namely with water services and water quantity which had a significant effect so that community satisfaction with water services was tested using qualitative descriptive analysis tools and quantitative descriptive analysis using linear regression method. Factors that have a direct and significant effect on community satisfaction from the results of linear regression analysis, there are 2 stimulants of drinking water services (X1), and the quantity of drinking water (X3) the results are accepted meaning that it does not significantly affect community satisfaction. While the factors that do not have a direct significant effect on community satisfaction from the results of linear regression analysis, there are two, namely stimulants of drinking water quality (X2) and drinking water continuity (X4), then the results are rejected, meaning that they have a significant effect on community satisfaction.

 

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan masyarakat terhadap pelayanan air di Kelurahan Buntusu yaitu dengan pelayanan air dan kuantitas air yang berpengaruh secara signifikan sehingga kepuasan masyarakat terhadap pelayanan air diuji menggunakan alat analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif dengan mnggunakan metode regresi Linier Faktor yang berpengaruh secara langsung secara signifikan terhadap kepuasan masyarakat dari hasil analisis Regresi linier maka ada 2 stimulan pelayanan air minum (X1), dan  kuantitas air minum (X3) hasilnya di terima artinya tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Sedangkan Faktor yang tidak berpengaruh signifikan secara langsung terhadap kepuasan masyarakat dari hasil analisis Regresi linier maka ada dua yaitu stimulan kualitas air minum (X2) dan kontinuitas air minum (X4), maka hasilnya di tolak artinya berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan masyarakat.

 

Referensi

Afrianti, A., Surya, B., & Aksa, K. (2021). Peningkatan Kualitas Permukiman Suku Bajo Desa Popisi Kecamatan Bangggai Utara Kabupaten Banggai Laut:(Studi Penanganan Permukiman Masyarakat Suku Bajo). Journal of Urban Planning Studies, 1(2), 140-146.

Badan Pusat Statistik. (2021). Kecamatan Tamalanrea Dalam Angka 2021. Sekretariat Negara: Indonesia

Kementrian Kesehatan. (2010). Standar Baku Mutu Kesehatan Lingkungan Dan Persyaratan Kesehatan Air Untuk Keperluan Higiene Sanitasi Kolam Renang Solus Per Aqua Dan Pemandian Umum (Permenkes No 32 Tahun 2017 ). Sekretariat Negara: Indonesia

Kerlinger, Fred N. 1978. Multiple Behavioral Research dalam Korelasi dan Analisa Berganda (Alih Bahasa: Taufik A.R.). Yogyakarta: Nurcahaya.

Kornita, S. E. (2020). Strategi Pemenuhan Kebutuhan Masyarakat terhadap Air Bersih di Kabupaten Bengkalis. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 11(2), 166-181.

Sanapiah, Faisal et.all., Partisipasi Masyarakat terhadap Sekolah: Pelajaran dari Lapangan untuk Mewujudkan Visi Direktorat Pembinaan SMP, UM Press, Malang, 2000.

Sugiyono, 2013, Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. (Bandung: ALFABETA)

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-21

Cara Mengutip

Risno, D., Azis, F., & Arief, R. (2022). Strategi Peningkatan Pelayanan Air Minum Di Kelurahan Buntusu Kota Makassar . Journal of Urban Planning Studies, 3(1), 68-77. https://doi.org/10.35965/jups.v3i1.321