Tentang Jurnal Ini

Jurnal Arsitektur SULAPA (JAS) merupakan jurnal ilmiah terkait kajian ilmu Arsitektur. JAS dikelolah oleh program studi Arsitektur dan diterbitkan oleh Fakultas Teknik  Universitas Bosowa.

Jurnal Arsitektur Sulapa diterbitkan secara berkala oleh Jurusan teknik Arsitektur sebagai salah satu wahana komunikasi, tukar menukar informasi, pengetahuan, kesempatan, kerjasama antar perguruan tinggi penyelenggara dengan profesi yang terkait dengan perencanaan desain, sekaligus sebagai wadah untuk menampung ide, inovasi, dan apresiasi atas disiplin ilmu perencaaan bangunan (desain arstektural).

Bagi penulis yang memiliki artikel pada bidang ini dapat disesuaikan dengan panduan penulisan dan template kemudian disubmit secara online di website jurnal dengan melakukan registrasi terlebih dahulu.

Informasi

Jurnal Arsitektur Sulapa (jaS)

2022-06-10

Jurnal Arsitektur SULAPA (jaS) merupakan jurnal ilmiah yang dikelola secara peer review memiliki p-ISSN: 1412-9752 diterbitkan oleh Program Studi Arsitektur Universitas Bosowa.  Terbit dua kali (Mei dan November) dalam satu tahun. Bagi penulis yang memiliki artikel pada bidang ini dapat disesuaikan dengan panduan penulisan dan template kemudian disubmit secara online di website jurnal dengan melakukan registrasi terlebih dahulu.

Baca lebih lanjut tentang Jurnal Arsitektur Sulapa (jaS)

Terbitan Terkini

Vol 2 No 2 (2020): Edisi Volume 2 Nomor 2 November Tahun 2020. Edisi yang telah terbit secara offline (Cetak) pada Bulan November 2020 di jurnal Arsitektur SULAPA (JAS) p- ISSN: 1412-9752.
JAS Jurnal Arsitektur SULAPA

Pentingnya konsep dalam arsitektur melatarbelakangi muncul dan berkembangnya berbagai ide konsep baru untuk menghasilkan karya arsitektur yang berkualitas. Perkembangan Arsitektur meliputi perkembangan pemikiran mengenai konsep fungsi, bentuk, konstruksi dan ruang. Arsitektur dalam pembahasan bentuk dan ruang, dimana ciri pokok dari bentuk adalah ”ada dan nyata atau terlihat atau teraba”, sedangkan ruang memiliki ciri khas “ada dan tak terlihat atau tidak nyata”. Ditinjau dari segi bentuk, bangunan arsitektur memungkinkan untuk menghasilkan bentuk-bentuk yang tidak biasa karena perkembangan teknologi struktur dan konstruksi serta perkembangan teknologi bahan pada masa sekarang ini. Di dalam arsitektur, terdapat pendekatan (approaches) yang dipergunakan dalam kegiatan merancang, yaitu: (a) Pendekatan atas  dasar perilaku manusia (Human Behaviour), (b) Pendekatan secara sistemis dan menyeluruh, (c) Pendekatan perancangan dengan aspek intuitif dan kreatif, serta pendekatan lainnya.

Pada penerbitan Jurnal edisi kali ini ada enam tulisan yang mengupas berbagai topik , antara lain: Penerapan Morfologi Bentuk Pada Bangunan Stadion Olahraga Kalegowa yang di tulis oeh Muhammad Fachri, Penerapan Konsep Urban Arsitektur Pada Kawasan Wisata Ompo di Kabupaten Soppeng oleh Awaluddin, Konsep Healing Environment Pada Perencanaan Pusat Penelitian dan Perawatan Kanker di Kota Makassar oelh Fadillah Maulidya, dan Motif Ornamen Siwa Lima Maluku Sebagai Peneduh Terhadap Penerimaan Radiasi Matahari Langsung Pada Bangunan Kantor Bupati Seram Bagian Timur oleh Hasrul Rumain.

Edisi Volume 2 Nomor 2 November Tahun 2020 merupakan edisi yang telah terbit secara offline (Cetak) pada bulan November 2020 di jurnal Arsitektur SULAPA (JAS) dengan ISSN: 1412-9752.

Semoga terbitan kali ini, bisa menjadi pencerahan ilmiah dalam kajian arsitektur dan terbitan jurnal SULAPA berikutnya. Saran dan kritikan Kami terima dengan tangan terbuka, demi menyempurnakan dan membangun suatu terbitan ilmiah yang lebih bermutu.

Salam, REDAKSI

Diterbitkan: 2022-08-22
Lihat semua terbitan